Jumat, 01 April 2016

peranan tik

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari

untuk mengatahui Peranan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari maka kita akan munguraikannya satu persatu.
  1. Bidang Administrasi Perkantoran
  2. gadis_kantor
    Karyawati dan Pc
    Teknologi Informasi dan Komunikasi memudahkan pekerjaan administrasi dikantor, seperti mengetik surat , menyusun laporan keuangan, menghitung penjualan barang, dan sebagainya. perangkat lunak seperti microsoft word, excel, power point, dan sebagainya telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengelola kegiatan perkantoran mereka.
  3. Bidang Telekomunikasi
  4. TIK berperan sangat besar bagi kenyamanan kita dalam menjalin komunikasi. Saat ingin membuat janji dengan teman, kalian dapat menghubunginya dengasn telepon atau handphone. Demikian pula kalian yang mungkin sulit berjumpa dengan presiden, kini dapat menyapa beliau melalui alat komunikasi semacam telepon.
    Handphone
    Handphone adalah Contoh Alat TIK Telekomunikasi
  5. Bidang Hiburan
  6. Banyak kegiatan pembuatan video musik, film atau animasi kartun yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan bantuan kamera tangan (handycam), sebuah adegan film dengan mudah dapat direkam. Kemudian dengan bantuan sejumlah software, kaset rekaman diedit, digandakan dan disimpan dalam bentuk VCD atau DVD. Kalian juga dapat menjalankan sebuah software Interaktif. Software ini memungkinkan kalian dapt berinteraksi dengan komputer tentang topik tertentu. Selain itu, jika kalian senang bermain game, sekarang tersedia begitu banyak judul dan jenis game yang dapat kalian jalankan lewat komputer.
    Handycam
    Handycam adalah contoh alat TIK dibidang Hiburan
  7. Bidang Perbankan
  8. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan banyak transaksi keuangan dilakukan lewat internet atau peralaan lain. Sekarang kalian dapat mengirim atau menerima uang tenpa perlu bertemu dengan petugas bank. ATM telah meenggantikan fungsi seorang teller (petugas penghitung uang di bank), sehingga kalian dapat mengambil sejumlah uang kapan pun dibutuhkan.
    ATM(automatic teller machine)
    ATM adalah Contoh alat TIK Dibidang Perbankan
  9. Bidang Lainnya
  10. Teknologi informasi dan komunikasi juga banyak berperan dalam bidang riset, kesehatan, biologi,produksi barang, dan sebagainya. Salah satu bentuk aplikasi teknologi informasi dan komunikasi adalah pembuatan robot yang dapat menggantikan tugas manusia dalam memproduksi barang dipabrik, membantu seorang dokter dalam berhubungan dengan pasien, atau membantu seorang peneliti dalam percobaan-percobaan di laboratorium. Disekitar kalian mungkin juga sudah tersedia banyak warnet (warung Internet) yang memungkinkan kalian menjelajah situs-situs internet. Selain itu, peran internet sangat besar dalam mengubah cara kalian berkomunikasi. Kalian dapat berhubungan dengan semua orang disegala tempat didunnia. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dengan internet
    1. Mengirim surat elektronik (email)
    2. Beberapa Website yang memberikan layanan internet gratis adalah Google.com dengan GMAIL, Yahoo.com dengan Yahoomail, zohomail dan lainnya.
    3. Mencari Berbagai InformasiLayanan untuk mencari berbagai informasi dalam hal ini adalah search engine misalnya google.com, yahoo.com, bing.com, altavista.com dan lain sebagainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar